Langkah Memilih Rangka Galvanis

Langkah Memilih Rangka Galvanis

Rangka atap tersedia dengan beberapa pilihan, di antaranya galvanis, galvalum dan zincalum. Untuk Anda yang ingin menggunakan rangka galvanis, sebaiknya perhatikan langkah berikut ini guna memilih rangka galvanis yang tepat.

Galvanis merupakan lapisan yang diberikan pada baja ringan. Lapisan tersebut berupa seng atau zinc yang dirancang sesuai standar internasional di mana ketebalannya minimal 180 gram per meter persegi atau lebih. Galvanis diketahui memiliki kelebihan sebagai lapisan yang mencegah korosif yang timbul akibat campuran adukan semen. Berikut tips untuk memilih galvanis.

  1. Mutu

Mutu rangka galvanis dapat diketahui dengan cara melihat ketebalannya. Baja ringan yang digunakan sebagai rangka harusnya dibuat sesuai standar yang telah ditentukan. Rangka galvanis yang beredar di Indonesia saat ini memiliki ketebalan sekitar 0,40 mm sampai dengan 1.00 mm.

  1. Sertifikasi Produk

Pemilihan rangka yang tepat dapat dilihat dari sertifikasi ISO. Sertifikat tersebut juga memberikan masa garansi pada setiap produk yang akan digunakan, bukan hanya rangka galvanis. Produk yang telah diberikan sertifikasi ini dapat dijamin kelengkapannya seperti baut dan sekrup guna instalasi nantinya.

  1. Detail Produk

Detail produk dapat dilihat dari dua unsur penting yakni ukuran atau dimensi rangka dan ketebalan lapisan anti karat galvanis. Antara ketebalan baja ringan yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan rangka dengan lapisan anti karatnya tentu berbeda. Hal ini dikarenakan ketebalan lapisan anti karat tersebut harus sesuai dengan komposisi material yang dipakai.

Zinc yang digunakan sebagai lapisan rangka baja ringan memiliki peran penting untuk melindungi rangka dari polutan-polutan yang menimbulkan karat pada baja. Karena lapisan inilah, rangka galvanis dapat terhindar dari karat dan korosi.

  1. Rekomendasi Pakar

Rekomendasi dari pakar lebih bisa dipercaya dibanding rekomendasi penjual, kenapa? Karena pakar lebih paham terhadap detail konstruksi dan ukuran atap baja ringan yang akan digunakan. Biasanya rekomendasi juga tidak sembarangan diterima, karena pembeli sendiri harus mempertimbangkan banyak hal. Terkadang pembeli ingin menggunakan rangka baja ringan dengan proses pengerjaan yang singkat. Jadi, tanyakan pada pakar dan sesuaikan juga dengan kebutuhan Anda.

  1. Penjual

Tentukan terlebih dahulu perkiraan biaya yang akan dikeluarkan sebelum membeli. Hal ini sangat penting mengingat budget yang telah disediakan, jangan sampai melewati perkiraaan. Nah, disinilah Anda membutuhkan penjual, dengan mengetahui biaya produk rangka galvanis dan memperhitungkan biaya instalasi sehingga membuat Anda bisa menghabiskan biaya yang sesuai perkiraan. Terlepas dari itu, biaya memang perlu dipertimbangkan sebelum melakukan tindakan sehingga perencanaan Anda berjalan lancar sampai selesai.

Sekian beberapa langkah yang harus Anda perhatikan saat memilih rangka galvanis. Selain menghindari kerugian karena gegabah dalam memilih, Anda juga akan puas dengan tampilan dan ketahanan rangka galvanis pada atap rumah nantinya. Semoga bermanfaat.

Back to Top